GAYA HIDUP ADALAH ISTIQOMAH MENELADANI RASULULLAH SAW

 


Oleh: Mugni Muhit

Dosen STAI Al-Ma'arif Ciamis dan Pengasuh Pondok Pesantren Riyadlul Hidayah Jatinagara Ciamis


Khutbah I


الحمد لله الذي له ما في السماوات والأرض وهو على كل شيء قدير. والصلاة والسلام على معلم الناس الخير محمد بن عبد الله الذي أوتي القرآن ومثله معه، وجعل الله طاعته من طاعته هو سبحانه. أما بعد،  أما بعد. فياأيها الناس اتقوالله حق تقاته ولاتموتن الا وأنتم مسلمون  


Hadirin jamaah jumat hafidzakumullah


Melalui rutinitas ibadah jumat ini marilah kita  fokus dan istiqomah memperbaiki mutu iman dan kualitas taqwa kepada Allah Azza wajalla. Sebab kita meyakini betul bahwa hanya iman dan taqwa sajalah yang dapat mengawal dan membimbing lahir batin kita menuju kebahagiaan sejati yang sesungguhnya di dunia kini dan ahirat kelak.


Hadirin jamaah jumat hafidzakumullah


Allah azza wajalla menuturkan di dalam QS Ali Imron ayat 102: "wahai orang orang yang beriman bertaqwalah keapada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa dan jangan kalian mati kecuali dalam keadan beriman dan bertaqwa".


Dalam Tafsir Almaroghi karya monumentalnya Muhammad Mustofa Al-Maroghi, menjelaskan bahwa Taqwa yang Allah inginkan adalah taqwa dalam arti senantiasa melibatkan Allah dan meneladani Rasulullah dalam segenap aktifitas duniawi dan ukhrawi. Kapanpun, di manapun, dengan siapapun dan dalam keadaan apapun, Allah dan RasulNya senantiasa menjadi spirit dasar dan alasan segala pikiran, ucapan, dan perbuatan. 


Hadirin jamaah jumat hafidzakumullah


Masihkah kita merasa tenang dan nyaman dengan fakta kehidupan dunia dewasa ini yang semakin banyak terjadi peristiwa, musibah, ujian, dan bahkan fitnah di sana sini, di dunia nyata apalagi di dunia maya tanpa ketebalan iman? Tidak bisakah kita meyakini bahwa semakin lama hidup ini adalah justru semakin mendekati kehidupan akhirat, dan semakin menjauhi dari kehidupan dunia? Tidakah peristiwa, cerita, dan kisah yang Allah lukisjelaskan, yang Nabi tuturkan menyadarkan kita menjadi semakin beriman dan bertaqwa?


Hari ini 22 Rabiul Awwal jumat terakhir marilah memohon kepada Allah agar kita mampu, mau dan berpeluang dapat meneladani qauliyah dan haliyah Rasulullah Saw. Beliau sengaja di utus Allah sebagai delegasiNya untuk memperbaiki, meluruskan dan membina kesucian jiwa, kemuliaan akhlak dan budi pekerti bani Adam. 


Ada dua pesan edukasi dari kehadiran Muhammad Saw sebagai Nabi dan Rasulullah. 


Pertama; Uswah

Uswah adalah contoh ideal, terbaik dan terindah yang direfleksikan melalui kecerdasan akal, ilmu dan pengetahuan, tutur kata dan lisan yang demikian memukau dan mendamaikan. Karenanya Ia benar-benar wajib menjadi contoh dan dapat dicontoh apa dan siapapun. Setiap yang mengikutinya maka dengan serta merta ia menjadi contoh bagi yang lainnya. Dengan kata lain, uswah berarti contoh dan teladan dari segi ucapan, kalimat dan atau kata-kata.


Kedua; Qudwah

Qudwah yaitu panutan aktivitas dan perbuatan nyata, real dan kongkrit.  Segala apa yang dikerjakan Rasulullah, baik pada saat ia sendiri, ataupun saat berjamaah, Beliau senantiasa menjadi panutan teladan. Jika orang hanya bisa berkata, maka Nabi tak hanya berkata semata, melainkan memberikan contoh praktis secara nyata, sehingga siapapun dapat langsung mengikuti gerak-gerik mulianya.


Dua pesan edukasi Nabi Saw ini sebaiknya dijadikan mindset dan pola prilaku hingga menjadi gaya hidup. Gaya hidup bagi seorang muslim adalah bagaimana menerapkan dan menularkan tutur kata, perilaku, perbuatan dan tindakan yang sesuai dengan ajaran dan contoh Nabi Saw. Gaya hidup bukanlah melulu pada sandang, pangan, dan papan, melainkan pada cara berpikir dan memikirkan cara, cara bergaul, cara beribadah, cara bermuamalah, cara memimpin, cara berbudaya, bahkan cara berpolitik, hingga cara meracik kehidupan berbangsa dan bernegara perspektif Nabi Muhammad Saw. 


Hadirin jamaah jumat hafidzakumullah


Semoga kebaikan dan semangat berbuat baik bahkan lebih baik dari sebelumya, dapat terus kita lakukan dan tularkan, sebagai wujud kesolehan kolektif dan sosial.


Baarokallahu lii walakum.


Khutbah II


اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ

STAI ALMAARIF CIAMIS

STAI ALMAARIF CIAMIS

GALERI WISUDA KAMPUS